PELATIHAN LITERASI MEMBACA KEPADA PELAJAR SEKOLAH DASAR DI DESA KADUDODOL
Keywords:
Literasi Membaca, Desa KadudodolAbstract
Pelatihan ini bertujuan untuk mengevaluasi keterampilan literasi khususnya dalam membaca untuk meningkatkan pemahaman bacaan pada siswa sekolah dasar. Di pelatihan ini melibatkan 15 siswa dari satu kelas di SDN Kadudodol 2. Kami melakukan program pelatihan literasi membaca selama satu hari, sementara siswa menerima pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman bacaan sebelum dan sesudah intervensi, serta melalui observasi dan wawancara yang melibatkan siswa dan guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan pemahaman bacaan dibandingkan dengan sebelumnya. Program pelatihan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman teks siswa, mengindikasikan bahwa pendekatan pelatihan literasi yang terstruktur dapat membantu mengatasi tantangan dalam keterampilan membaca di sekolah dasar. Temuan ini menyarankan perlunya implementasi program pelatihan literasi yang terintegrasi dan berkelanjutan dalam kurikulum sekolah dasar untuk memaksimalkan perkembangan literasi siswa.

