PENDAMPINGAN KEGIATAN PENGUATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM AKTIVITAS PJOK BERBASIS ANDROID
Keywords:
Total Physical Response (TPR), Teknologi Android, kosakata Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan (PJOK), Desa KadumadangAbstract
Penguasaan bahasa Inggris ditingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) menjadi krusial dalam era globalisasi, terutama mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat dan kebutuhan akan kompetensi bahasa asing di usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana metode Total Phisical Response (TPR) berbasisi teknologi android dapat meningkatkan penguasaan kosakat bahasa Inggris siswa dalam konteks Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di MI Ar-Ruhama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan 37 siswa kelas 4A sebagai responden. Metode TPR yang diterapkan memadukan intruksi verbal dengan gerakan fisik, serta didukung oleh penggunaan video pembelajaran dari platform YouTube yang disajikan melalui perangkat android. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TPR berbasis android ini secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. Khususnya yang terkait dengan aktivitas PJOK. Selain itu peningkatan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran juga tercatat, dengan persentase partisipasi aktif yang meningkat dari 85.71% pada hari pertama menjadi 94.59% pada hari terakhir penelitian. Berdasarkan temuan ini, penelitian menyimpulkan bahwa integrasi metode TPR dengan teknologi android tidak hanya menjadi metode pembelajaran yang efektif tetapi juga dapat menciptakan pengaalaman belajar yang menyenangkan dalam pengajaran bahasa Inggris di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, khususnya dalam konteks PJOK.

