PELATIHAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI CERITA RAKYAT DIKAMPUNG DUKUH
Keywords:
Pelatihanm membaca,Cerita Rakyat,Kampung DukuhAbstract
Pelatihan membaca melalui cerita rakyat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa-siswi Sekolah Dasar yang ada dikampung Dukuh. Penulisan ini di kembangkan karena terdapat beberapa siswa yang ada dikampung Dukuh ini yang kurang minat dalam membaca dan sebagian belum lancar membaca.Hal ini disebabkan oleh kurangnya pendampingan dalam kegiatan membaca, serta kecenderungan anak-anak yang lebih suka menghabiskan waktu bermain dibandingkan belajar.Maka,tujuan dari penulisan ini adalah untuk merancang dan menerapkan program pelatihan membaca yang berbasis cerita rakyat, sebagai langkah untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa-siswi di Kampung Dukuh.Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan penulis dalam melatih membaca siswa siswi selama pengabdian kepada Masyarakat dikampung Dukuh.Subjek dari penulisan ini adalah 22 siswa siswi sekolah dasar dari berbagai tingkatan kelas.Dari hasil pengabdian ini,anak-anak menunjukkan peningkatan minat baca, mampu memahami isi cerita dengan lebih baik.
Downloads
References
Afriyanti, Ira, Samsu Somadayo, and Hadi Darmawati. 2020. “Pemanfaatan Media Cerita Rakyat Sebagai Upaya Membangun Kreativitas Anak.” Jurnak Pedagogik 7(2): 1–12. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pedagigk/article/view/2684/1813.
Beno, J, A.P Silen, and M Yanti. 2022. “Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, Dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa.” Braz Dent J. 33(1): 1–12.
Tanjung, Rahman, Amir Supandi, and Nazma Nurhaolah. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Tahsinia 1(1): 82–91.

