PENDAMPINGAN BELAJAR KEPADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA KADUGADUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN DISKALKULIA MELALUI MEDIA PAPAN PERKALIAN

Authors

  • Nisa Anisa, Nurmila, Minhatul Ma’arif, Usep Saepul Mustakim STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Operasi Perkalian, Diskalkulia, Papan Perkalian.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di tiga sekolah 
diantaranya dua sekolah dasar dan satu madrasah ibtidaiyah ternyata 
masih terdapat anak-anak yang kesulitan dalam pembelajaran 
matematika terutama pada operasi hitung perkalian. Anak-anak 
tersebut disebut dengan diskalkulia. Dengan demikian peneliti 
memberikan pendampingan untuk anak diskalkulia dengan 
diadakannya bimbel (bimbingan belajar). Pada pelaksanaannya peneliti 
menggunakan tiga tahapan diantaranya, tahap perencanaan, tahap 
pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pendampingan kemampuan operasi 
perkalian untuk anak diskalkulia peneliti menggunakan media papan 
perkalian. Pendampingan dilakukan selama 3 kali pertemuan, dimana 
pada pertemuan pertama tanggal 2 agustus 2024 peneliti melakukan 
analisis terhadap siswa yang kesulitan dalam memahami konsep 
matematika terutama pada operasi hitung perkalian. pertemuan kedua 
pada tanggal 9 agustus peneliti memberikan paparan materi terhadap 
anak-anak diskalkulia mengenai operasi hitung guna memberikan 
penguatan dan pemahaman bagi anak tersebut. Kemudian pertemuan 
ketiga pada tanggal 16 agustus peneliti melakukan pendampingan dan 
pengajaran kepada anak-anak diskalkulia menggunakan media papan 
perkalian, Guna memudahkan anak anak tersebut dalam melakukan 
operasi hitung perkalian. Hasil pengamatan memperlihatkan bahwa 
anak-anak diskalkulia pada proses pendampingan terlihat antusias dan 
terlihat menguasai pembelajaran tersebut. Jadi, dapat disimpulkan 
bahwa penerapan media papan perkalian pada materi operasi perkalian 
memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa 
dan membantu memudahkan pemahaman dan pengoperasian 
perkalian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-01