PENDAMPINGAN BELAJAR KEPADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA KADUGADUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN DISKALKULIA MELALUI MEDIA PAPAN PERKALIAN
Keywords:
Operasi Perkalian, Diskalkulia, Papan Perkalian.Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di tiga sekolah
diantaranya dua sekolah dasar dan satu madrasah ibtidaiyah ternyata
masih terdapat anak-anak yang kesulitan dalam pembelajaran
matematika terutama pada operasi hitung perkalian. Anak-anak
tersebut disebut dengan diskalkulia. Dengan demikian peneliti
memberikan pendampingan untuk anak diskalkulia dengan
diadakannya bimbel (bimbingan belajar). Pada pelaksanaannya peneliti
menggunakan tiga tahapan diantaranya, tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pendampingan kemampuan operasi
perkalian untuk anak diskalkulia peneliti menggunakan media papan
perkalian. Pendampingan dilakukan selama 3 kali pertemuan, dimana
pada pertemuan pertama tanggal 2 agustus 2024 peneliti melakukan
analisis terhadap siswa yang kesulitan dalam memahami konsep
matematika terutama pada operasi hitung perkalian. pertemuan kedua
pada tanggal 9 agustus peneliti memberikan paparan materi terhadap
anak-anak diskalkulia mengenai operasi hitung guna memberikan
penguatan dan pemahaman bagi anak tersebut. Kemudian pertemuan
ketiga pada tanggal 16 agustus peneliti melakukan pendampingan dan
pengajaran kepada anak-anak diskalkulia menggunakan media papan
perkalian, Guna memudahkan anak anak tersebut dalam melakukan
operasi hitung perkalian. Hasil pengamatan memperlihatkan bahwa
anak-anak diskalkulia pada proses pendampingan terlihat antusias dan
terlihat menguasai pembelajaran tersebut. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa penerapan media papan perkalian pada materi operasi perkalian
memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
dan membantu memudahkan pemahaman dan pengoperasian
perkalian.

