PENDAMPINGAN KEPADA MAHASISWA DALAM MENGANALISIS TUGAS DAN PERAN PERSONIL LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

Authors

  • Nadiya Nur Cahyani Nadiya STKIP Syekh Manshur
  • Siti Musliha STKIP Syekh Manshur
  • Asep Wahyudin STKIP Syekh Manshur
  • Tatu Maesaroh STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Bimbingan dan Konseling, Tugas dan Peran

Abstract

Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) memiliki peran penting dalam mendukung proses pendidikan yang menyeluruh, terutama pada jenjang Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam setiap kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam tugas dan peran personil BK di SDIT Isyadul Ibad, Kabupaten Pandeglang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personil BK menjalankan fungsi sebagai konselor, fasilitator, mediator, motivator, dan penghubung antara sekolah dengan orang tua. Peran tersebut dilaksanakan tidak hanya secara formal dalam layanan konseling, tetapi juga melalui pendekatan humanis dan religius dalam kegiatan keseharian siswa. Temuan ini sejalan dengan teori perkembangan siswa serta praktik layanan BK berbasis Islam. Kendala seperti keterbatasan waktu, peran ganda guru BK, dan minimnya pemahaman orang tua masih menjadi tantangan. Penelitian ini menyarankan pentingnya peningkatan kompetensi dan dukungan kebijakan sekolah agar layanan BK dapat berperan maksimal dalam membentuk karakter Islami siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont: Brooks/Cole.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Permendiknas No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor

Gibson, R. L. & Mitchell, M. H. (2011). Introduction to Counseling and Guidance. New Jersey: Pearson.

Hasil Observasi dan Wawancara di SDIT Isyadul Ibad, 2025.

Prayitno, E. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputra, A. D. (2022). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling oleh Guru Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Sukardi, A. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.

Yusri, R. (2021). Model Layanan BK dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2025-09-06