IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERMASALAHAN PADA SISWA DI SD SUKASARI 1

Authors

  • Cicih Nurhasanah STKIP Syekh Manshur
  • Hesti STKIP Syekh Manshur
  • Kusmia STKIP Syekh Manshur
  • Tatu Maesaroh STKIP Syekh Manshur

Keywords:

masalah siswa, sekolah dasar, peran , bimbingan, konseling

Abstract

 Bimbingan dan konseling di sekolah dasar memiliki fungsi yang sangat krusial dalam mendukung siswa menghadapi berbagai tantangan, baik yang berkaitan dengan akademis maupun kehidupan pribadi. Dengan adanya layanan bimbingan konseling ini, siswa diberi dukungan untuk memahami diri mereka, meningkatkan keterampilan sosial, dan mencapai kemajuan yang maksimal dalam proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran Bimbingan & Konseling dalam mengatasi permasalahan pada siswa di SDN Sukasari 1. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitataif dengan mengajukan pertanyaan pada saat wawancara dengan Kepala Sekolah SDN Sukasari 1. Hasil penilitian menunjukan bahwa permasalahan yang ada pada siswa di SDN Sukasari 1 jarang terjadi. Hasil dari penelitian ini dapat digunaka untuk bahan pembelajaran guru Sekolah Dasar  agar bisa menangani permasalahan yang ada di sekolah, serta dapat dijadikan evaluasi untuk perkembangan siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmarani, F. F., & Sugiasih, I. (2020). Kesejahteraan psikologis pada ibu yang memiliki anak tunagrahita ditinjau dari rasa syukur dan dukungan sosial suami. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1, 45-58.

Atikasari, F. (2021). Religiusitas dan kesejahteraan psikologis dimediasi oleh kebahagiaan siswa. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness, 1(1), 15-27.

Eva, N., & Bisri, M. (2018). Kesejahteraan Psikologis Siswa Cerdas Istimewa. Malang: Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Febianti, Y. N., & Joharudin, M. (2018). Faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 76-88.

GUNAWAN, Yusuf. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia, 1992.

Suyati, T., Rakhmawati, E., Retnaningdyastuti, S. R., & Agustini, F. (2015). HUBUNGAN PERSEPSI KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA DI SEKOLAH PADA TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN SEKOLAH DASAR DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL–EMOSI SISWA DAN KOMUNIKASI ORANGTUA-SISWA.

Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Deepublish.Suyati, T., Rakhmawati, E., Retnaningdyastuti, S. R., & Agustini, F. (2015). HUBUNGAN PERSEPSI KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA DI SEKOLAH PADA TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN SEKOLAH DASAR DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL–EMOSI SISWA DAN KOMUNIKASI ORANGTUA-SISWA.

Downloads

Published

2025-09-06