TRANSFORMASI LEGENDA SUSUKAN KI AKUB MENJADI NASKAH DRAMA PADA PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH
Keywords:
transformasi sastra, legenda lokal, susukan ki akub, naskah drama, pembelajaran sastra, sekolah dasarAbstract
Transformasi cerita rakyat ke dalam bentuk drama merupakan strategi pembelajaran yang tidak hanya menghidupkan kembali warisan budaya lokal, tetapi juga memperkuat pemahaman siswa terhadap nilai-nilai luhur yag terkandun di dalamnya. Artkel ini mengkaji proses transformasi legenda Susujan Ki Akub, sebuah cerita rakyat dari Desa pasirmae menjadi naskah drama yang bisa digunakan untuk pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, artikel ini menelusuri bagaimana elemen naratif dari legenda diolah menjadi bentuk dramatic yang komunikatif, edukatif, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hasil transformasi tidak hanya mempertahankan inti cerita dan pesan moral, tetapi juga berhasil membangun partisipasi aktif siswa melalui permainan peran, pemahaman karakter, serta penanaman nilai seperti gotong royong, keikhlasan, serta kepemimpinan. Dengan demikian transformasi legenda lokal menjadi naskah drama terbukti mampu menghadirkan pembelajaran sastra yang lebih kontekstual, interaktif, dan bermakna di jenjang pendidikan dasar.
Downloads
References
Brunvanad, J. H. (2003). The Study of American Folklore: An Introduction (4th ed). W. W. Norton & Company.
Danandjaja, J. (1984). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Dundes, A. (2007). Folklore as a Mirror of Culture. New York: Rowman & Littlefield
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id
Nurhayati, D. A. W. (2021). The Role of Folklore in Building Students' Character and Local Wisdom: A Case Study in Indonesian Elementary Education. Journal of Language and Literature Education, 6(1), 22-34.
Rohmah, S., Maulana, M. I., & Nurulhuda, T. (2023). Transformasi Cerita Rakyat Menjadi Drama Untuk Meningkatkan Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 15-26.
Sumardjo, M. (2020). Literasi Sastra dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 144-156.
Yulianti, E., & Herawati, T. (2022). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 27(3), 233-245. https://doi.org/10.24832/jpnk.v27i3.1234
Zubaedah, E. (2021). Strategi Transformasi Cerita Rakyat dalam Pembelajaran Sastra Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 101-110.

